Pages

Sunday, July 14, 2013

Prepare For Weeding Organizer (II)

Siang itu tanggal 22 juni, perjalanan untuk prepare for weeding organizer dimulai. Dengan modal nekat plus searching informasi dari mbah google dan mbak sekosan, saya mendatangi pasar tebet barat sendirian. Pasar tebet barat ini terkenal dengan took-toko pembuat undangan dengan harga murah dan kualitas murah di Jakarta.
Di siang terik itu, ada satu kesalahan yang saya tidak saya rencanakan, saya naik busway di hari tiket busway digratiskan. Bisa dibayangkan betapa berdesak-desakannya umat manusia di dalam transjakarta saat itu. Dan saya berada ditengah umat manusia tersebut. Naik pgc ancol dari shelter gelanggang remaja di otista dan transit di uki , kemudian lanjut naik busway arah grogol dan turun di shelter tugu pancoran. Awal perjalanan yang cukup menguji mental juga. Sempat kepikiran juga, Lanjut berangkat atau balik tidur-tiduran di rumah ya? Tapi ya sudahlah.., keputusan sudah diambil demi my young bro, I will try.
 Bagi yang ingin kesana, setelah turun di halte tugu pancoran, nyebrang ke utara MT haryono, naik angkot 31 dan turun di Ramayana pasar tebet. Tempat pembuat undangan ada di basement Ramayana tersebut. Ternyata hanya toko-toko kecil dengan tempelan berbagai contoh design undangan. Banyak banget. Mulai dari mana ya?? Hmm.. akhirnya taktir pertama yang saya lakukan dalam survey undangan ini adalah nebeng di tempat yang rame, jadi bisa dianggap teman dari salah satu yang lagi mesen undangan atau bagian dari rombongan. Dan modal lain selain nekat adalah tebal muka. Cuek-cuek aja muterin kawasan ini dan nanyain desain dan harga dari tiap undangan. Dan tidak lupa juga untuk memfotonya. Alhasil saya mendapat beberapa design yang unik. Maklum My young bro nitip undangan dengan design yang unik dan sedikit lucu. Aneh juga kan? Biasanya kan pada mau yang elegan.
Dari beberapa toko yang saya masuki, ada satu toko yang gak memperbolehkan untuk menfoto design undangannya. Alasannya sih untuk menjaga keoriginalitasan karya mereka. Ya sudahlah..(Walaupun kalau dilihat-lihat designnya gak jauh beda lho ma tetangganya yang lain!).  Tapi saya tetap ngotot biar dizinin bisa menfoto designnya.
Saya: Mbak boleh difoto hp ya??  Mau saya kirim via wasap sama yang mau liat undangan ini ya? (dengan tampang memelas).
Mbak: maaf mbak, gak bisa.
Saya: Boleh dunk mbak, yang mau liat undangan ini gak disini. Ada dipadang.
Mbak: emangnya calonnya orang padang ya mbak?
Saya sendiri cuma tersenyum. Mau jawab apa? Orang saya lagi ngebantuin saudara sendiri. Yowes terserah si mbaknya bikin asumsi apa. Ikutin aja alur skenarionya. Anggap aja latihan pre prepare weeding for self. Siapa tau ini jadi doa. Hehe..
Saya: Hehe.., yang mau ngelihat designnya emang lagi di Padang mbak.
Mbak: Ooo.., makanya ntar diundangannya ada nuansa adat minang ya?
Saya: Hehe.., Gimana mbak? Boleh ya? Satu atau dua kali jepret aja mbak.
Dengan senyum terpaksa si mbaknya ngizinin. Hehe.. Thank you mbak. Dan seperti biasa, meminta kartu nama menjadi kebiasaan saya sebelum keluar dari toko di pasar tebet ini. Alhamdulillah, hari ini dimudahkan. Walaupun sempat kejepit di busway dan raguragu sebelum berangkat tapi terbukti langsung niat baik akan berbuah manis. Gak akan sia-sia apa yang kita lakukan. Karena ketika kita menolong makhluk allah di bumi maka yang dilangit akan mempermudah dan menolong kita. Dan I believe it.
Dan gambar di bawah ini adalah hasil pemburuan design undangan dan sekilas tentang design tersebut. Asumsi yang berlaku adalah ini harga yang pertama ditawarkan. Kalau kita memesan untuk 500 undangan bisa tawar dengan harga yang lumayan jauh murah.

1.   Undangan puzzle
Covernya hard, designnya simple, harganya Rp6000,-
2.   Undangan seperti amplop.
Bahannya hard, kalau di lipat nantinya akan seperti amplop. Untuk yang warna Rp6500 kalau satu warna (misalnya itam-putih) harganya 5500,-. Tapi sepertinya lebih unyu kalau berwarna.
3.   Undangan nuansa figura.
Bisa dijadiin figura, jadi undangan kita gak terbuang sia-sia. Tapi cukup mahal Rp8500,- , dibelakangnya juga ada design foto pasangan dan kalender. Bahannya hard.
4.   Undangan dengan siluet.
Ada siluet pasangan yang menikah pada covernya. Bahannya hard. Harganya Rp6000,-
5.   Undangan movie.
Undangan ini unik banget. Kalau bibuka seperti di gambar. Bahannya hard. Harganya Rp6000,-
6.   Undangan dengan foto calon pengantin.
Udah umum seperti ini, bahannya soft tapi harganya hard dan full color yaitu Rp6000,-
7.   Undangan nuansa adat.
Ada tempelan rumah adat pada covernya. Bahannya hard. Dan lumayan mahal juga ternyata Rp8000,-

8.   Undangan daun.
Bahannya hard, nanti ada covernya seperti daun dan harganya Rp6000,-
9.   Undangan gambar.
Harga yang disebelah kiri 7000 karena full colour sedangkan yang disebelah kanan 7500 karena hardcover.
10.  Undangan kartun wajah calon penganten
Bahannya hard dengan harga 6000 dan memakai amplop. Jika inign dibuat denagn bahan soft harganya menjadi 4000,-
11. Undangan elegan dengan sedikit siluet wajah emas calon penganten.
Harganya Rp7000, bahannya hard. Dan ada yang dipitain.
12.    Undangan paling simple
Kurang elegan, hanya sekedar aja dan ditutup amplop. Kurang recommended. Harganya pun 5000. Kurang murah itu harganya.hehe..
13.     Undagan seperti passport
Kalau dibuka, designnya seperti passport beneran dengan foto calon penganten ukuran 3x4 9kayak toto ktp aja!)
14.        Undangan design modern
Cukup cantik, pake pita sgala dan foto penganten. Bahannya perpaduan hard dan soft. Harganya Rp6500,-
15.   Undangan seperti amplop
Bahannya soft, harganya 5000.
16.     Undangan tarik.
Awalnya pasangannya jauh-jauhan, ketika undangan dibuka (dengan cara ditarik), pasangannya mendekat. Unik juga. Untuk yang full colour harganya 6500. Gambarnya bisa disesuaikan dengan design keinginan sendiri.
17.   Undangan Koran.
Undangan seperti Koran. Unik kan? Tapi tulisannya kita design sendiri. Waahh.. bingung juga tuh meski bkin apa! Unik sih, tapi saying amplopnya gede banget. Dan bahan kertas nya tipis sekalee.. jadinya kurang recommended juga.




No comments:

Post a Comment