Pages

Friday, July 13, 2012

No Ikan = Daya Ingat Menurun




Setelah membaca berita di salah satu Koran online yaitu metronews , 13 juli 2012 mengenai “Konsumsi Ikan Meningkatkan Daya Memori” tiba- tiba saja , aku berpikir . Apa mungkin daya ingatku sekarang semakin berkurang karena kurang makan ikan ya?? Sejak 4 tahun ini , alias sejak menjadi mahasiswa perantauan di kota metropolitan ini,aku sangat jarang sekali makan ikan. Menu utama sehari-hari adalah ayam, padahal aku sudah berkali-kali menonton acara di TV yang memberitakan bahwa kebanyakan ayam di Jakarta itu tidak segar bahkan ada yang sudah bangkai, ayam formalin atau udah disuntik air (kasian bener nasib tu ayam..). Palingan makan pecel lele atau ikan “masa bodoh” (read ikan cuek).
3 hari lagi UAS terakhir (aminn..) ,aku coba mengahafal beberapa bahan kuliah, ternyata susah amat!! Apa itu karena kurang makan ikan? Atau emang udah masanya penuaan dini , jadi syaraf-syaraf di otak semakin berkurang kinerjanya.
Lanjut ke berita di Koran online tadi…
Alasannya ada pada asam lemak tak jenuh ganda omega-3 yang terkandung dalam ikan laut berlemak seperti salmon, forel, dan haring. Salah satu komponen omega-3 adalah docosahexaenoic acid (DHA).
 Salmon, farel dan haring? Waw… , ikan yang lumayan mahal juga ya!! Mo nyari kemana ikan segar di Jakarta ini? Mau meningkatkan daya ingat memang tidak semudah membalikkan telapak tangan teman J
#Mencoba mereview makanan yang dimakan sehari kemarin:
Sarapan       : Bubur ayam.
Siang           : Ayam goreng.
Malam          : Ayam bakar.
            Ya ampun.., gak ada makan ikan.., ayam semua!! #geleng-geleng kepala. Mesti mengurangi makan ayam dan mulai mencari dan berburu makan ikan ne biar otak gak ngadat dan semakin lemot. Pantesan aja orang Jepang pada pintar-pintar , mereka lebih cenderung makan ikan ketimbang ayam. Waktunya membuktikan hipotesis berita tadi ne. Konsumsi Ikan Meningkatkan Daya Memori!!







No comments:

Post a Comment