Saat ini terjadi pergeseran karakteristik
masyarakat dari masyarakat agraris menjadi masyarakat industri. Seiring dengan
perkembangan teknologi informasi maka terjadi kembali pergeseran karakteristik
masyarakat yang mengarah ke masyarakat informasi.
Apa itu masyarakat informasi? Masyarakat
yang menjadikan informasi dan berita dan informasi sebagai kebutuhan yang
penting dalam hidupnya. Dimana masyarakat mengalami “candu” terhadap informasi.
Puncaknya bisa terlihat dari akses internet yang meningkat.
Ketika suatu Negara telah mencapai fase
ini, maka serangan informasi dan berita akan merajalela.Masyarakatnya akan
memiliki skill dalam penggunaan fasilitas teknologi untuk mendapatkan berita,
baik melalui hp, pc, tablet ataupun smartphone.
Misalnya Negara korea yang menjadikan sektor
teknologi informasi dan komunikasi sebagai sektor yang berperan besar dalam
mendorong pertumbuhan ekonomi.
Di Indonesia sendiri, penggunaan internet
untuk mengakses facebook dan social media lainnya tergolong sangat tinggi. Kebutuhan
akan berita mengenai orang lain melalui sosmed menjadi “candu” yang sulit untuk
dihindari.
Saat ini, begitu banyak informasi yang
tersaji di internet. Dan untuk menyaringnya sangat sulit, karena untuk memilah
mana berita yang benar dan yang salah, cukup sulit. Oleh karena itu butuh
masyarakat yang cerdas untuk bisa menghadapi serangan informasi di internet, TV
dan radio. Karena serangan informasi akan menyamarkan keabsahan suatu berita.
No comments:
Post a Comment